You are on page 1of 12

Sehubungan dengan banyaknya para pemilik hamster pemula yang menanyakan tentang bagaimana cara memelihara hamster yang

baik, makanan apa yang sesuai, saya akan mencoba menguraikan sedikit tentang hal tersebut. Berikut adalah beberapa hal pokok yang harus Anda sediakan untuk memelihara hamster. Ini adalah daftar perlengkapan minimum untuk menjamin kelangsungan hidup seekor hamster secara layak (klik untuk mendapat penjelasan lebih lanjut): 1.Kandang Kandang hamster berukuran minimal 35 x 40 cm untuk seekor hamster. Semakin besar kandang semakin baik. Kandang untuk hamster beraneka ragam, mulai dari akuarium yang tak terpakai sampai kandang-kandang yang khusus dirancang untuk hamster. Jika Anda menggunakan akuarium, usahakan bagian atasnya tertutup untuk mencegah hamster kabur atau tikus rumah masuk dan melahap hamster Anda. Jika Anda menggunakan kandang berjeruji besi, perhatikan jarak antar jeruji apakah bagus dan cukup rapat untuk hamster Anda. Hamster bisa mengecilkan tubuhnya, membuatnya pipih dan kemudian menggembungkannya lagi. Elastisitas hamster ini patut Anda pertimbangkan.

2.Serbuk Kayu Serbuk kayu banyak disediakan di mana-mana. Pilih yang tidak berbau bahan-bahan kimia. Terutama untuk serbuk lokal yang murah, kebanyakan serbuk kayu itu berasal dari serutan kayu bekas kayu perabot rumah tangga dan sudah diberi bahan-bahan kimia. Disamping serbuk lokal, ada juga serbuk impor yang lebih mahal harganya. Tapi penggunaan serbuk ini tentu saja memuaskan. Serbuk kayu lebih kering, lebih bersih, bebas debu, lebih putih dan bebas bahan kimia berbahaya, hal ini menjamin keselamatan hamster dan juga memperindah bulunya(kelembaban bisa merusak penampilan bulu hamster). Ketebalan serbuk hamster yang baik adalah sekitar 2-3 cm dari permukaan kandang. Jika Anda tidak menggunakan serbuk Anda mungkin bertanya-tanya apa guna serbuk kayu ini: 1.Sebagai alas tidur. 2.Sebagai media penyerap kencing hamster. Bayangkan jika tidak ada sesuatu yang menyerap kencing hamster! Air kencing yang berbau itu akan menempel di bulu hamster dan merusak bulu indahnya dan membuatnya berbau tak sedap! 3.Sebagai tempat berlindung dari panas dan dingin. Anda tidak mungkin mengawasi dan menjaga hamster Anda setiap menit agar tidak kepanasan atau kedinginan kan? Jadi mereka membutuhkan sesuatu untuk tempat mereka berlindung jika udara

menjadi terlalu berlebihan buat mereka. 4.Sebagai bahan pembuat sarang. Oh iya hamster membuat sarang, biasanya di pojok-pojok favorit mereka. Sarang mereka berbentuk serbuk yang ditumpuk dengan lubang untuk tidur di tengahnya. Ibu hamster biasa meletakkan anak-anaknya dalam sarang ini!

3.Makanan Hamster Makanan hamster terbaik sampai saat ini tetap dipegang oleh makanan-makanan hamster impor buatan pabrik. Walaupun begitu Anda juga harus tetap waspada dan lebih cermat lagi dalam memilih mana makanan impor yang baik. Beberapa makanan impor mengandung terlalu banyak bahan pewarna, terlalu banyak biji bunga matahari atau bahan-bahan lainnya yang bisa merugikan hamster itu sendiri. Beberapa jenis buah-buahan dan kacang-kacangan bisa diberikan seminggu sekali sebagai snack. Berikan dalam jumlah terbatas (sedikit sekali!) Beberapa makanan yang bisa diberikan sebagai snack kepada hamster: (Perhatian: Makanan ini hanya diberikan sebagai snack bukan makanan utama karena bisa mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare, dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas) Apel Pir Pisang Wortel Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kerontokan bulu) Kentang (harus direbus dulu) Kacang tanah Kacang kulit Kacang mete Kacang almond Kacang kedelai Roti tawar Biskuit Cracker Oatmeal Corn Flakes Makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada hamster: Selada Kangkung dan seluruh sayuran hijau lainnya (Cai sim, bayam, kai lan, dll) Ketimun Makanan yang tidak boleh diberikan sama sekali kepada hamster: Jeruk dan semua bangsa citrus

Cokelat Makanan yang telah diberi bumbu Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik hamster pemula: 1.Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Anda! Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini. Jika Anda tidak percaya, coba teliti kondisi kandang hamster Anda, apakah selalu kelihatan basah dan kotor? Apakah berbau menyengat? Apa Anda harus mengganti serbuk kayu setiap hari? Jika jawabannya iya, itu berarti hamster Anda mengalami masalah pada sistem urine / kencingnya. Ini diakibatkan dari pemberian sayursayuran segar yang Anda berikan setiap hari! Coba ganti menu makanan hamster Anda dengan yang lebih sesuai yaitu makanan hamster kering yang bisa Anda temui di petshop atau di supermarket. Di Indonesia tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Anda. 2.Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. Hamster saya sangat tergila-gila dengan biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya. Percayalah, ini hanya kebiasaan yang Anda atau pemilik sebelumnya tanamkan untuk hamster Anda! Mungkin Anda tidak tahu kalau tindakan sayang Anda ini justru malah membunuh hamster Anda. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan hamster Anda! Menyayangi nya bukan berarti memanjakannya! 3.Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik Lagipula pemberian susu ini juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan tapi rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan Anda. 4.Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu sering Anda pasti rugi telah membeli makanan hamster karena

tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama seperti anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya. Tapi sekali lagi kita tidak mungkin memberi makan kue cokelat setiap hari sebagai makanan utama bagi anak kita kan? Begitu pula dengan hamster! Pemberian snack terlalu sering akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi yang sebenarnya telah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang telah meracik makanan hamster. Ini pasti mempunyai efek negatif di kemudian hari terutama ketika hamster melahirkan dan menyusui. Jika Anda merasa tidak tahan dan ingin memberikan snack lebih banyak dari seminggu sekali, Anda bisa menimbangnimbang secara bijak jenis snack yang Anda berikan. Sesuai dengan sistem pencernaan hamster yang kurang bisa menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi pilihlah snack yang kering seperti kacang-kacangan, roti, biskuit, cereal dan lain-lain. Sedang untuk buah-buahan berikanlah seminggu sekali.

4.Botol Minum Hamster perlu minum air! Banyak mitos yang mengatakan bahwa jika hamster diberi minum air akan mati adalah sebuah kebohongan. Hati-hati terhadap botol air yang bocor! Ini sering terjadi dan tidak diperhatikan oleh pemilik hamster. Berikutnya adalah hal-hal rutin yang harus Anda kerjakan untuk memelihara hamster dengan baik: 1.Memberi makan hamster sehari 2 kali 2.Mencuci tempat makan setiap kali makanan diganti 3.Mengganti serbuk kayu dan mencuci kandang hamster seminggu sekali 4.Mengisi botol minum setiap kali airnya habis 5.Mencuci botol minum seminggu sekali

Berikut adalah daftar ketidaktahuan lain yang sering dilakukan dan mengakibatkan kematian hamster: 1.Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedikit saja cukup Tidak perlu sampai dijemur. 2.Hamster dimandikan dengan air. Hamster rentan terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika

kondisinya sedang menurun terkena air bisa berarti kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang flu, kemudian berlanjut ke pneumonia dan berakhir pada kematian. Jadi jangan mengambil resiko untuk tindakan yang tidak perlu ini. 3.Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Kedengarannya memang bodoh tapi percayalah banyak orang yang tidak sengaja melakukan hal ini karena ketakutan mereka pada gosip yang beredar tentang hamster pemakan anak. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayibayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu. 4.Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster Anda masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster Anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Anda harus mengantisipasi hal ini dulu. Terima kasih jika Anda membaca hal-hal ini terlebih dahulu sebelum mulai memelihara hamster. Semoga bisa mencegah banyak kematian hamster yang sebenarnya tidak perlu terjadi Penambahan bisa dilakukan sewaktu-waktu dan bagi para senior yang mau berkomentar atau melakukan penambahan dapat di kirimkan ke saya lewat personal message. Terima kasih

Cara Merawat Hamster Dengan Benar

Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik hamster pemula:

1.Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Anda! Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini. Jika Anda tidak percaya, coba teliti kondisi kandang hamster Anda, apakah selalu kelihatan basah dan kotor? Ini diakibatkan dari pemberian sayur-sayuran segar yang Anda berikan setiap hari! Coba ganti menu makanan hamster Anda dengan yang lebih sesuai yaitu makanan hamster kering yang bisa Anda temui di petshop atau di supermarket. Di Indonesia tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Anda. 2.Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. Hamster saya suka biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya. Mungkin Anda tidak tahu kalau tindakan sayang Anda ini justru malah membunuh hamster Anda. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan hamster Anda! Menyayanginya bukan berarti memanjakannya! 3.Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik. Lagipula pemberian susu ini juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan tapi rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan Anda. 4.Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu sering Anda pasti rugi telah membeli makanan hamster karena tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama seperti anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya. Tapi sekali lagi kita tidak mungkin memberi makan kue cokelat setiap hari sebagai makanan utama bagi anak kita kan? Begitu pula dengan hamster! Pemberian snack terlalu sering akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi yang sebenarnya telah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang telah meracik makanan hamster. Ini pasti mempunyai

efek negatif di kemudian hari terutama ketika hamster melahirkan dan menyusui. Jika Anda merasa tidak tahan dan ingin memberikan snack lebih banyak dari seminggu sekali, Anda bisa menimbang-nimbang secara bijak jenis snack yang Anda berikan. Sesuai dengan sistem pencernaan hamster yang kurang bisa menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi pilihlah snack yang kering seperti kacangkacangan, roti, biskuit, cereal dan lain-lain. Sedang untuk buah-buahan berikanlah seminggu sekali. Yang keempat. Yaitu Minuman dari Hamster itu sendiri. Hamster memperoleh air dari sayuran-sayuran. Kalo misalnya kamu gak terlalu sering ngasi sayur sediakanlah botol minum kusus hamster yang dijual di petshop. Oh ya jangan lupa. Minuman hamster itu Air yang di masak jangan kasi air keran yang masih ada kuman-kumannya. Juga Kebersihan Botol harus senangtiasa bersih. Jangan juga memberikan susu manusia kasi saja susu hamster. Oh ya botolnya jangan sampai bocor. Nanti banjir lagi kandangannya. Yang Kelima. Tips Lainnya. 1. Jangan Pernah Hamster itu basah. Boleh sih dimandikan tapi jangan sampai basah banget karena hamster itu sangat sensitive. Kalo udah terlanjur basah segeralah keringkan. Hamster itu sebenernya punya cara sendiri buat mandi loh. 2. Jangan Hamster jantan dan betina di dalam satu kandang. Sudah bisa ditebak pasti mereka berantem deh. Taruhan pasti!!! Jadi sebaiknya dipisahkan aja. Untuk ngawinin pelan-pelan aja kalo mereka berantem jangan dikawinin dulu kalo dah baikan ya! boleh. 3. Ada pertanyaan tinggalkanlah komen!! Doain aja bisa jawab. Hehehe aku juga baru memelihara hamster. 4. Daftar KetidakTahuan 1.Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedikit saja cukup Tidak perlu sampai dijemur. 2.Hamster dimandikan dengan air. Hamster rentan terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika kondisinya sedang menurun terkena air bisa berarti kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang flu, kemudian berlanjut ke pneumonia dan berakhir pada kematian. Jadi jangan mengambil resiko untuk tindakan yang tidak perlu ini. 3.Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Kedengarannya memang bodoh tapi

percayalah banyak orang yang tidak sengaja melakukan hal ini karena ketakutan mereka pada gosip yang beredar tentang hamster pemakan anak. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu. 4.Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster Anda masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster Anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Anda harus mengantisipasi hal ini dulu.

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Penanya Hamster jantan memiliki testis yang besar sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Hamster muda lebih sulit melakukan seks. Hamster betina memiliki 2 lubang tertutup bersama, sementara hamster jantan memiliki genital dan anal membuka lubang tersebut. Hamster melakukan pembuahan pada usia yang berbeda tergantung dari spesiesnya, tetapi hal ini bisa dilakukan pada usia 1 bulan sampai 3 bulan. Hamster jantan tetap dapat melakukan pembuahan selama hidupnya, namun betina tidak. Hamster betina mengalami estrus kira-kira setiap tiga hari. Musim pengembangbiakan terjadi pada bulan April sampai Oktober, dengan 1 sampai 13 anak lahir setelah periode gestasi selama 13 sampai 22 hari. Gestasi terjadi 16 sampai 18 hari untuk hamster Suriah, 18 sampai 21 hari untuk hamster Rusia, 21 sampai 23 hari untuk hamster Tiongkok dan 23 sampai 30 untuk hamster Roborovski. Setelah hamster betina hamil, induk hamster akan membangun sarang dan mengumpulkan anaknya disana. Mereka tidak berambut, mata mereka tertutup dan sangat kecil. Setelah 1 minggu, mereka mulai berkeliling sarang mereka dan makan. Setelah 3 minggu, anak hamster bisa meninggalkan sarang mereka. Kecuali untuk hamster Roborvski, yang baru bisa keluar dari kandang dalam waktu 4 minggu. Biasanya, hamster jantan dan betina dipisah saat hamster betina melahirkan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Anak dari hamster juga tidak boleh dipegang, agar tidak dimakan oleh induk. Setelah satu minggu mereka mulai mengeksplorasi keluar sarang. Mereka telah seluruhnya selesai setelah 3 minggu, atau 4 minggu untuk hamster Roborovski. Kebanyakan orang akan menjual hamster ke toko-toko ketika usia hamster 2 sampai 8 bulan.

Menentukan Jenis Kelamin Hamster

Dalam memelihara binatang kesayangan tentunya kita harus mengetahui jenis kelamin binatang peliharaan kita, tiap binatang berbeda manfaatnya kenapa kita harus tahu jenis kelamin nya,misal burung berkicau, dengan mengetahui jenis kelaminnya kita bisa memilih burung jantan atau betina, karena biasanya burung yan banyak dicari adalah burung jantan. karena hanya burung jantan yang mempunyai suara merdu. Dalam hal ini saya akan mengulas sedikit tentang kelamin hamster,dengan mengetahui jenis kelamin hamster kesayangan kita, maka tidak hanya hobi memelihara saja.Dengan ini kita bisa mengawinkan hamster kesayangan kita agar mempunyai keturunan yang akan memperpanjang minat hobi kita pada hamster kesayangan. Hanya ada satu cara Untuk mengetahui jenis kelamin hamster yaitu dengan cara melihat bentuk kelaminnya. Pada hamster dewasa akan terlihat sekali perbedaan nya antara jantan dan betina.Pada hamster jantan,kita bisa melihat jarak sekitar 0,5-1 cm antara kelaminnya dengan anus, Sedang betina tidak ada jarak yang memisahkan antara alat kelamin nya dengan anus atau alat kelamin berdekatan dengan anus.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini : Gambar sebelah kiri betina,

sebelah

kanan

jantan

.. Pada gambar diatas terlihat sekali perbedaan antara jantan dan betina,hamster sebelah kiri (hitam) adalah hamster jantan dewasa,kita bisa melihat ada jarak antara alat kelamin nya dengan anus,kita juga bisa melihat adatonjolan di bawah anus,itu menandakan buah jakar hamster...

Hingga saat ini hamster yang sudah dipelihara manusia hanya sejumlah lima jenis sbb; Hamster Mini Campbell - Hamster ini memiliki gerakan yang tidak terlalu cepat. Jarak antara mata, telinga, dan hidung seimbang. Hamster campbell memiliki kepala yang berbentuk segitiga sama sisi karena bentuk tulang pipinya melebar ke samping. Telinga terlihat besar dan tinggi. Warna dan corak bulu tubuhnya lebih banyak dan paling beragam dibandingkan dengan winter white. Dibandingkan dengan hamster mini lainnya pun, hamster campbell memiliki warna paling indah dengan variasi yang paling banyak. Keempat kaki dari dagu sampai leher bagian bawah ditumbuhibulu berwarna putih. Setelah dewasa, tubuh hamster ini tampak gepeng, seolah olah merunduk rata mendekati tanah. Temperamennya tidak setenang winter white, tetapi tidak segesit roborovski. Hamster betina tampak lebih aktif bergerak dibandingkan dengan jantannya.. Pada.dasarnya, hamster campbell

bersifat sosial dan senang hidup berkelompok. Jika digabungkan dengan sesamanya sejak kecil, mereka dapat hidup damai. Hamster Mini Winter- White - Kepala hamster winter white berbentuk segitiga sarna sisi dan terlihat memanjang ke belakang. Ujung hidungny~aterlihat agak membulat. Mata bulat besar, mengilap, dan posisinya lebih dekat ke telinga dari pada ke hidung. Jika dilihat dari samping, di atas hidung atau di antara bola mata dan hidungnya .terdapat semacam benjolan kecil. Tulang punggung winter white cenderung agak melengkung ke atas, tidak sarna dengan campbell yang terlihat berpenampilan agak ceper. Hamster ini terlihat lebih sering berdiam diri daripada berlari, sangat jinak, dan tidak pernah menggigit. Ukuran tubuhnya cenderung lebih besar dan ,buIunya lebih tipis dibandingkan dengan campbell. Sayangnya, hamster ini memiliki variasi warna yang terbatas. Warna buIu di perutnya lebih terang daripada warna buIu di tubuh bagian atas. Hamster Mini Roborovski - Hamster roborovski senang bersembunyi dan memiliki gerakan yang cepat atau lincah, sehingga- sulit ditangkap dan lebih sulit jinak dibandingkan dengan winter white. Kedua alis di atas mata, bagian mulut, dan kedua pipinya terdapat warna putih yang dominan. Roborovski herbadan pendek dengan mata berwarna hitam yang menonjol dan bulat mengilap. Kepalanya besar, seolah-olah lebih besar dan seakan tidak seimbang dengan panjang tubuhnya. Kumisnya sangat banyak, tumbuh rapat, dan panjang. Warna bulunya cokelat krem keemasan dengan ujung setiap helainya berwarna putih. Bulu di bagian perut berwarna putih. Ekornya sangat pendek dan ditumbuhi bulu, sehingga tidak terlihat. Sebagai hamster terkecil, panjang roborovski maksimum hanya 4-5 cm. Umurnya bisa mencapai 3-3,5 tahun. Hamster Cina - Hamster ini bukan tergolong hamster mini. Panjang tubuh hamster jantan bisa mencapai 9-10 cm. Sementara itu, tubuh hamster betina lebih pendek dibandingkan dengan jantan. Hal ini disebabkan adanya kantung zakar yang terlihat memanjang ke belakang, sehingga hamster jantan tampak lebih panjang. Hamster ini dapat memiliki ekor yang dapat tumbuh sepanjang 2 cm. Saat masih muda, warna bulunya tampak lebih keabuabuan jika dibandingkan dengan setelah dewasa. Meskipun demikian, hamster jenis ini dikenal sulit dibudidayakan Hamster Hibrida - adalah persilangan antar jenis hamster yang menghasilkan hamster tanpa identitas yang pasti. Hamster hibrida hanya bisa terjadi karena campur tangan manusia. Perkawinan antarj enis hamster tidak akan pemah ditemukan di alam bebas. Umumnya istilah hamster hibrida ditujukan untuk hamster hasil persilangan antara hamster mini jenis campbell dan winter white. Di alam bebas, kedua jenis hamster ini berasal dari wilayah yang berbeda. Sebenamya mengawinkan dua jenis hamster ini bukan merupakan hal yang bijak karena kedua jenis hamster ini menipunyai kecenderungan untuk terserang penyakit yang berbeda. Jadi, dengan melakukan persilangan antar hamster pada dasamya sama saja dengan mempertemukan atau mengumpulkan paling sedikit dua kecenderungan penyakit yang bisa menyerang dalam satu tubuh hamster. Jika kita telah mengetahui hal ini, sebaiknya kita tidak mencobanya. Hamster hibrida biasanya steril. atau mandul karena perkawinan antar jenis menghasilkan susunan gen yang berubah pada anak-anak atau keturunannya. Meskipun ada juga yang tidak mandul, biasanya keturunan berikutnya akan muncul lagi anak hamster hibrida yang mandul. Terdapat beberapa hamster hibrida yang memiliki penampilan fisik mirip dengan winter white, tetapi wama . tubuhnya tampak aneh, berbeda dengan wama winter white yang baku. Hingga saat ini hanya ada empat tipe warna hamster hibrida yang diakui, yakni pearl, normal, imperial, dan sapphire.

Hamster hibrida yang sering disebut dengan hamster winter white golden atau golden saja diduga merupakan hasil persilangan hamster winter white pearl dengan hamster cambel berwarna argente. Karenanya, hamster ini memiliki bentuk tubuh menyerupai winter white, tetapi garis punggungnya berwarna coklat. Warna dasar bulu tubuhnya putih bagian atas dengna selubung cokelat kekuningan didaerah punggungnya, sehingga tampak berkilau keemasan, serta bulu kepala bagian atas terdapat bercak kehitaman. Hamster ini membawa sifat winter white ang akan mengalami mutasi warna hingga hanya tersisa warna putih dengan garis punggung kecoklatan.