You are on page 1of 4

Perkembangan Simulasi dan Teknologi Hawk Eye di bidang olahraga

Pernahkah menonton pertandingan tenis? Pertandingan tenis terutama yang sudah bertaraf internasional seperti Grand Slam, Roland Garros Open, dan lain lain yang dipastikan mempertemukan pemain top dunia dengan teknik dan pukulan yang sudah berkelas.

Permasalahan pada permainan tenis adalah sulitnya wasit menentukan bola tersebut masuk atau keluar ketika bola diarahkan pemain tepat di tepi garis. Dengan kecepatan bola yang sangat cepat, tentu sangat sulit bagi hakim garis untuk menentukan apakah bola tersebut masuk atau keluar. Untuk itu dibuatlah sebuah teknologi yang bisa membaca kondisi tersebut. Teknologi tersebut dikenal dengan teknologi Hawk-Eye.

Hawk-Eye (mata elang) adalah sebuah sistem komputer yang kompleks yang digunakan dalam kriket, tenis dan olahraga lainnya untuk melacak visual lintasan bola dan menampilkan catatan statistik jalannya bola yang paling mungkin sebagai gambar bergerak dalam kriket, tennis, dan olahraga lainnya.

Teknologi Hawk-Eye dalam olah raga tennis ini berfungsi untuk merekam lintasan bola meskipun dalam kecepatan yang sangat tinggi. beberapa kamera yang berada di

sekeliling lapangan bertugas untuk merekam pergerakan bola di lapangan. Sistem akan mengolah data dengan cepat dari kamera-kamera tersebut. Data yang dikirimkan berupa gambar lapangan yang telah dirumuskan dengan aturan permainan tenis.

Metode Operasi Semua sistem Hawk-Eye didasarkan pada prinsip-prinsip triangulasi dengan

menggunakan visual dan waktu yang disediakan oleh setidaknya empat kamera video berkecepatan tinggi yang terletak di lokasi yang berbeda di sekitar area bermain. Sistem ini cepat dalam menyimpan data berisi model standar dari area bermain dan mencakup data dalam aturan permainan.

Metode Operasi Hawk Eye Dalam setiap frame yang dikirim dari setiap kamera, sistem mengidentifikasi sesuai dengan gambar bola. Kemudian menghitung untuk setiap frame posisi bola dengan

membandingkan posisinya pada setidaknya dua dari kamera secara terpisah dalam waktu yang sama. Ini juga "meramalkan" jalur pergerakan bola dan di mana ia akan berinteraksi dengan area bermain yang diprogram ke dalam database. Sistem ini juga dapat menafsirkan interaksi ini untuk memutuskan pelanggaran aturan permainan.

Sistem ini menghasilkan gambar grafis dari jalur bola dan area bermain, yang berarti bahwa informasi dapat diberikan kepada hakim, pemirsa televisi atau staf pelatih secara real time dekat.

Sistem pelacakan murni dikombinasikan dengan database backend dan kemampuan pengarsipan sehingga dimungkinkan untuk mengekstrak dan menganalisis tren dan statistik tentang individu pemain, permainan, bola-bola untuk perbandingan, dll. Pengolahan Citra Dalam mengolah data berupa citra video, sistem akan mengolah frame-frame yang terkumpul dari dalam kamera tersebut dengan kecepatan enam puluh frame per detik. Tak ketinggalan, sistem sanggup mengolah milyaran persamaan dalam setiap kali reli dalam tenis. Tidak hanya merekam jatuhnya bola di lapangan, kemampuan pengarsipan telah membuat, sistem dapat menghitung statistik pemain sebagai perbandingan. Setelah diolah, data tersebut dapat ditampilkan lewat monitor apabila diperlukan.

Visualisasi Hawk Eye Penggunaan Hawk Eye di Cabang Olah Raga Lain

Selain dalam permainan tenis, teknologi ini juga mulai diadopsi oleh sepakbola untuk menentukan terjadinya gol. Sistem ini pun pernah diujicobakan pada pertandingan antara Inggris melawan Belgia saat pertandingan persahabatan sebelum Euro 2012 di Wembley stadium. Source : http://blog.politekniktelkom.ac.id/30110176/2012/07/21/hawk-eye/ http://andrechristianr.blogspot.com/2011/10/hawk-eye_1226.html http://www.fastcompany.com/1678200/top-5-blown-calls-technology-couldve-stopped