You are on page 1of 10

APPENDICITIS

dr.Johny Silalahi, SpB

Definisi

Keadaan peradangan pada usus buntu yang disebabkan oleh apa saja yang dapat menyebabkan obstruksi pada lumen apendiks

Fungsi

Fungsi dari usus buntu (apendik) adalah mengeluarkuan sistem pertahanan tubuh berupa cairan untuk usus. Hal ini bisa terjadi karena adanya mukosa dari apendiks hampir seluruhnya terdiri dari kelenjar limfe.

Patofisiologi
Tjadinya appendicitis diakibatkan karena : adanya obstruksiperubahan tekanan intra luminerterjadi regangan lumen apendiknyeri (karena pada usus terutama pada apendiks yang ada hanya ganglion saraf nyeri akibat regangan)

apabila proses dari obstruksi ini berlangsung terus -mengakibatkan pada sistem limfatik tekanan intra luminer makin tinggi gangguan pada sistem venaudem makin hebat pada lumen apendikgangguan pada sistem arteri hipoksinekrosis pada dinding apendik sehingga dapat menyebabkan peritonitis local atau jika daya tahan tubuh kuat atau adanya pemberia antibiotic dosis tinggi maka akan terjadi migrasi atau pergerakan dari omentum dan atau kolon sigmoid dan atau ileum yang mengakibatkan terjadinya appendicitis infiltrate.

Pengertian dari appendicitis kronis ialah timbulnya gejala apendik kemudian menghilang dan satu hari atau lebih muncul kembali gejala yang hampir mirip

Tanda dan Gejala

Gejala khas dari apendik adalah : diawali nyeri pada epigastrium yang dalam beberapa menit akan berpindah ke bagian kanan bawah atau daerah Mc Burney. Tanda dari apendik adalah :

Adanya leukositosis Nyeri tekan titik Mc Burney Psoas sign, Obturator sign, Blumberg sign, rovsing sign. Pemeriksaan penunjang (terutama untuk appendicitis kronis) foto apendikogram.

trias appendicitis akut yaitu : Migration pain, Leukositosis, Nyeri tekan titik Mc Burney.

Penatalaksanaan

penanganan satu-satunya adalah operasi yang bisa dilakukan cito atau avroid kecuali pada appendikular infiltrate penanganan adalah konservatif yang kemudian dilanjutkan dengan operasi.

Penangan konservatif pada appendikular infiltrate adalah : a. evaluasi besar dari massa, b. kadar leukosit, c. pemberian antibiotic dosis tinggi untuk kuman gram positif anaerob, hal-hal tersebut tadi dikerjakan minimal selama 1 minggu apabila ada peningkatan rasa nyeri yang hebat maka harus dilakukan operasi cito oleh karena terjadi perubahan menjadi peri appendikular abses.

Komplikasi

Peritonitis generalisata dengan segala akibatnya