You are on page 1of 3

Halaman 114 Penyakit yang ditentukan atau cidera D 9.

Penebalan pleura difusi bilateral Pekerjaan setiap pekerjaan yang menyangkut a. pekerjaan atau penanganan asbestos atau campuran asbestos, atau b. pembuatan atau perbaikan tekstil asbestos atau bahan lain yang mengandung atau terdiri atas asbestos ; atau c. pembersihan esin atau pabrik yang dipergunakan untuk semua operasi, dan setiap ruangan, tatanan atau alat yang dipakai untuk penimbunan debu asbestos; atau d. pemajanan berat terhadap debu yang berasal dari operasi yang sedang berjalan a. bekerja dibawah tanah pada penambangan timah; atau b. penajanan terhadap bis ( klorometil ) eter yang dihasilkan selama pembuatan klorometil metal eter; atau c. pemajanan terhadap seng khromat, kalsium khromat, atau strontium khromat dalam bentuk murni.

D 10. Kanker Payudara

Halaman 122 Penyakit akibat kerja golongan fisik penyebab Kebisingan Penyakit / gangguan Kerusakan indra pendengaran Gejala / tanda Tuli progresif. Berbicara dengan suara keras Perawatan / pengobatan Alat bantu pendengaran Upaya pencegahan Memberikan peredam suara pada sumber suara. Menggunakan tutup telinga. Mengisolasi suara Memakai peredam pada sumber getar. Pembatasan waktu bekerja dengan frekuensi lebih dari 30 % Hz.

Getaran

Agioneorosis / fenomena pseudo reynoud

Pemucatan dan kekakuan pada ujung ujung jari. Kehilangan daya pegang dan pengendalian otot warna kulit kebiruan

Pemanasan pemijatan meniupkan udara panas kearah tangan. Menggerakkan tangan secara berputar

Suhu tinggi

Heat rash

Bintik bintik kemerahan pada kulit yang berisi cairan. Perasaan nyeri bila kepanasan

Kelelahan karena panas

Kejang panas

Sengatan panas

Menjaga kulit agar tetap terlindungi dan kering. Istirahat dilingkungan yang sejuk. Kulit pucat, Baringkan dingin, penderita berkeringat ditempat banyak. sejuk. Merasa lelah, Pemberian pusing, sakit cairan kepala, vertigo. perorangan Badan terasa atau panas. Sesak parenteral ( nafas, kadang- infuse ). kadang Pemberian bernafas oksigen secara dengan interminten. kepalan dan Stimulasi pundak jantung diangkat, dengan palpitasi, epinefrin anoreksia, subkutan mual dan sesuai instruksi muntah. Otot doter ( 0,3 nyeri dan 0,4 ml ) kejang. Gangguan kesadaran dari dari ringan berat. Gelisah. Baringkan kadang penderita di kadang tempat sejuk. berteriak Kolarorasi kesakitan. dokter : kasus Suhu tubuh ringan berikan normal atau cairan per oral sedikit NaCl 0,9 %. meningkat. Kasus berat Denyut nadi infuse NaCl 0,9 cepat. Kejang % 1000 cc otot, perut dan ekstremitas. Gejala prodermal:

Pengaturan dan pengawasan suhu udara dilingkungan kerja. Latihan fisik bekerja dilingkungan panas. Pemberian cairan yang cukup istirahat yang cukup.

Berikan minum yang cukup sebelum bekerja. Makanan sehari hari cukup mengandung garam kebutuhan 15 20 g/hari.

kelelahan, sakit kepala malaise, badan terasa panas. Gejala berlanjut dengan: kesadaran menurun kejang kejang kulit

Penyakit akibat kerja Definisi Penyakit akibat kerja adalah setiap penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan atau lingkungan kerja. Penyakit akibat kerja dapat dicegah, dan berat ringannya penyakit yang disebabkan pekerjaan tergantung dari jenis dan tingkat penyakit.