You are on page 1of 12

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM adalah sebuah lembaga mandiri di Indonesia yang kedudukannya

setingkat dengan lembaga negara lainnya dengan fungsi melaksanakan kajian, perlindungan, penelitian, penyuluhan, pemantauan, investigasi, dan mediasi terhadap persoalan-persoalan hak asasi manusia. Komisi ini berdiri sejak tahun 1993 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50 Tahun 1993 tentang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Komnas HAM mempunyai kelengkapan yang terdiri dari Sidang Paripurna dan Subkomisi. Di samping itu, Komnas HAM mempunyai Sekretariat Jenderal sebagai unsur pelayanan. Ketua Komnas HAM dijabat bergiliran dengan masa jabatan 2,5 tahun. Namun mulai 2013, ketua Komnas HAM dijabat bergiliran dengan masa jabatan satu tahun. Saat ini Komnas HAM diketuai Siti Noor Laila.

Tujuan Komnas HAM


Tujuan Komnas HAM:

Mengembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan hak asasi manusia sesuai dengan Pancasila, UUD 1945, dan Piagam PBB serta Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia Meningkatkan perlindungan dan penegakan hak asasi manusia guna berkembangnya pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan kemampuannya berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan.

Landasan Hukum Komnas HAM


Dalam melaksanakan fungsi, tugas, dan wewenang guna mencapai tujuannya Komnas HAM menggunakan sebagai acuan instrumen-instrumen yang berkaitan dengan HAM, baik nasional maupun Internasional.

Instrumen nasional:

1. Undang Undang Dasar 1945; 2. Tap MPR No. XVII/MPR/1998; 3. UU No 5 Tahun 1998 TENTANG PENGESAHAN CONVENTION AGAINST TORTURE AND OTHER CRUEL, INHUMAN OR DEGRADING TREATMENT OR PUNISHMENT (KONVENSI MENENTANG PENYIKSAAN DAN PERLAKUAN ATAU PENGHUKUMAN LAIN YANG KEJAM, TIDAK MANUSIAWI, ATAU MERENDAHKAN MARTABAT MANUSIA); 4. UU No 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia; 5. UU No 26 tahun 2000 Tentang Pengadilan HAM; 6. UU No 11 TAHUN 2005 TENTANG PENGESAHAN INTERNATIONAL COVENANT ON ECONOMIC, SOCIAL AND CULTURAL RIGHTS (KOVENAN INTERNASIONAL TENTANG HAK-HAK EKONOMI, SOSIAL DAN BUDAYA;

7. UU No 12 TAHUN 2005 TENTANG PENGESAHAN INTERNATIONAL COVENANT ON CIVIL AND POLITICAL RIGHTS (KOVENAN INTERNASIONAL TENTANG HAK-HAK SIPIL DAN POLITIK); 8. UU No 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis; 9. UU No 19 TAHUN 2011 TENTANG PENGESAHAN CONVENTION ON THE RIGHTS OF PERSONS WITH DISABILITIES(KONVENSI MENGENAI HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS); 10. Peraturan perundang-undangan nasional lain yang terkait; 11. Keppres No. 50 tahun 1993 Tentang Komnas HAM; 12. Keppres No. 181 tahun 1998 Tentang Komnas Anti kekerasan terhadap Perempuan;

Instrumen Internasional:

1. Piagam PBB, 1945; 2. Deklarasi Universal HAM 1948; 3. Instrumen internasional lain mengenai HAM yang telah disahkan dan diterima oleh Indonesia.

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dibentuk berdasarkan UU No 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Lahirnya Undang-undang Perlindungan Saksi dan Korban yang memakan waktu cukup panjang ini ditujukan untuk memperjuangkan diakomodasinya hak-hak saksi dan korban dalam proses peradilan pidana. Berbeda dengan beberapa negara lain, inisiatif untuk membentuk Undang-Undang perlindungan bagi saksi dan korban bukan datang dari aparat hukum, polisi, jaksa, atau pun pengadilan yang selalu berinteraksi dengan saksi dan korban tindak pidana, melainkan justru datang dari kelompok masyarakat yang memiliki pandangan bahwa saksi dan korban sudah saatnya diberikan perlindungan dalam sistem peradilan pidana. Di samping itu, minimnya perhatian yang serius oleh aparat penegak hukum terhadap saksi-korban membuat RUU ini harus selalu didesakkan hampir setiap tahun sejak 2001 hingga 2005 agar masuk dalam rencana Prolegnas.

Kejaksaan Indonesia

Kejaksaan Republik Indonesia adalah lembaga pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara secara merdeka terutama pelaksanaan tugas dan kewenangan di bidang penuntutan dan melaksanakan tugas dan kewenangan di bidang penyidikan dan penuntutan perkara tindak pidana korupsi dan Pelanggaran HAM berat serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang. Pelaksanaan kekuasaan negara tersebut diselenggarakan oleh:

Direktorat Jenderal Peraturan Perlindungan Hak Asasi Manusia merupakan adalah sebuah unsur pelaksana Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia yang mempunyai tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perlindungan Hak Asasi Manusia. Lembaga ini dipimpin oleh seorang Direktur Jenderal Peraturan Perlindungan Hak Asasi Manusia. Dalam menyelenggarakan tugas, Direktorat Jenderal Perlindungan Hak Asasi Manusia mempunyai fungsi:

Penyiapan perumusan kebijakan Departemen bidang perlindungan hak asasi manusia Pelaksanaan kebijakan di bidang pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia Perumusan standar, norma, pedoman, kriteria dan peraturan di bidang pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia Pembinaan bimbingan teknis dan evaluasi Pelaksanaan urusan administrasi kepada semua unsur di lingkungan Direktorat Jenderal Pembinaan yang meliputi pemberian bimbingan/pelayanan dan penyiapan standar di bidang pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia Pelaksanaan kerjasama dalam dan luar negeri untuk pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia Pengorganisasian pelaksanaan kegiatan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Pengamanan teknis atas pelaksanaan tugas di bidang pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia

Badan Penelitian dan Pengembangan Hak Asasi Manusia (disingkat Balitbang HAM) adalah unsur penunjang pelaksanaan tugas pokok Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia di bidang penelitian dan pengembangan Hak Asasi Manusia yang bertanggungjawab kepada Menteri Hukum dan HAM.

Skandar Keynes :-)


Skandar Amin Casper Keynes (lahir di London, Inggris, 5 September 1991; umur 18 tahun) adalah seorang aktor dari Britania Raya. Perannya yang paling dikenal adalah sebagai Edmund Pevensie dalam serial film The Chronicles of Narnia. Keynes sudah tampil dalam tiga film pertama dalam seri ini, yaitu The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe dan The Chronicles of Narnia: Prince Caspian, dan berperan juga dalam The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader, yang dirilis pada tahun 2010

Biografi
Nama Lengkap : Skandar Amin Casper Keynes Nama Panggilan : Skandy Lahir : London, 5 September 1991 Nama Orang tua : Randak Keynes dan Zelfa Cecil Hourani Nama Saudara : Soumaya Keynes Warna Mata : Coklat Warna Fave : Biru Musisi Fave : Quenn Genre Film Fave : Action Makanan Fave : Pizza Pelajaran Fave : Sejarah Hobbi : Bermain cello, gitar, taekwondo. Ia mengikuti audisi (berhasil) untuk film The Lion, the Witch and the Wardrobe pada saat yang sama ketika ia mengikuti audisi (gagal) untuk peran Simon Brown di film Nanny McPhee.

40 FAKTA TENTANG SKANDAR KEYNES

Skandarfact 1 : nama lengakap Skandar adalah : (Iskandar) Skandar Amin Casper Keynes

Skandarfact 2 : Skandar mulai main film pada tahun 2011, film pertamanya berjudul :Victoria Died in 1901 and is Still Alive Today Skandarfact 3 : DULU skandar pernah suka sama Anna Popplewell. Skandarfact 4 : Skandar merupakan putra dari Zelfa Cecil Hourani dan penulis Randal Keynes. Skandarfact 5 : Skandar mempunyai kakak perempuan bernama Soumaya Keynes. Skandarfact 6 : Skandar mempunyai kucing bernama ' Ms. Peri Puss dan Mr. Fil Boots' Skandarfact 7 : Kucing skandar sekarang umurnya sudah 5 atau 6 tahun. Skandarfact 8 : Nama yayasan kakek moyangnya skandar yang mendukung progam penyelamatan kura-kura di Galpagos adalah " The Charles Darwin Treasure Chest " Skandarfact 9 : Skandar suka negara Lebanon karena sejarahnya dan segala tentang Lebanon. Skandarfact 10 : Skandar senang bermain piano, sepak bola, mendengarkan musik, dan menonton film di waktu senggangnya. Skandarfact 11 : Film ganre yang skandar sukai adalah action dan drama Skandarfact 12 : Ice cream kesukaan skandar adalah Rum dan Raisin. Skandarfact 13 : Makanan kesukaannya skandar adalah Pizza. Skandarfact 14 : Warna kesukaan skandar adalah merah dan biru. Skandarfact 15 : Skandar pandai bermain Cornet. Skandarfact 16 : Nama mantan pacarnya skandar adalah : Julia, Liberty Carlin, Helena Miles, Taylor Momsen, Alice, Seraphine Chapman, dan Marie. (skrg nama inisial pacarnya : CK, tpi suka dipanggil 'charl') Skandarfact 17 : Papa dan kakaknya skandar memanggil skandar '' Skankey " Skandarfact 18 : Mom Zelfa selalu marah apabila skandar selalu membuang buang waktu di depan laptonya. Skandarfact 19 : Panggilan skandar adalah : Skandar, Skandy, Skankey, Popscab, Doogles. Skandarfact 20 : Skandar sekolah di : - Thornhill Primary School

- Anna Scher Theatre School - City of London School for Boys - University of Cambridge Skandarfact 21 : Sepatu kesukaannya skandar adalah original convers. Skandarfact 22 : Skandar sayang banget sama kedua kucingnya. Skandarfact 23 : Sabun mandi skandar bermerk " The Body Shop " Skandarfact 24 : Dulu waktu Lebanon lagi perang, mom zelfa berimigrasi ke London terus ketemu baba skandar deh,, dan mereka mempunyai dua orang anak yaitu Soumaya Keynes dan Skandar Keynes yang unyu :* Skandarfact 25 : Skandar memanggil ayahnya dengan sebutan baba. Skandarfact 26 : Skandar phobia sama asap rokok Skandarfact 27 : Skandar itu orangnya ramah, pintar, cuek, humoris, malas (kata keluarganya), romantis, dan masih banayak lagi :) Skandarfact 28 : Skandar pernah menolong seseorang yang jatuh dari ketinggian 15 M. Skandarfact 29 : Skandar suka wanita yang pintar. Skandarfact 30 : Bajunya skandar rata rata berwarna putih, hitam, dan biru. Skandarfact 31 : Skandar cinta alam. Skandarfact 32 : Skandar pernah menolong anak kecil yang sedang menangis, anak kecil itu tidak bisa pulang karena sepedanya rusak. Dan skandar membantu memperbaiki sepeda anak tersebut ( baik banget :D ) Skandarfact 33 : Skandar bisa berbahasa perancis. Skandarfact 34 : Skandar suka tim sepakbola ' Arsenal ' Skandarfact 35 : Skandar suka dengan mata pelajaran sejarah. Skandarfact 36 : Skandar di manja oleh baba randal. Skandarfact 37 : Skandar belajar taekwondo. Skandarfact 38 : Skandar ingin menjadi James Bond suatu saat nanti. Skandarfact 39 : Skandar ingin belajar bahasa Arab

Skandarfact 40 : Jika skandar menjadi ilmuan, ia ingin menciptakan pohon humburger, sayap, dan obat yang bisa membuat hewan bicara.

(tambahan) Skandarfact 41 :
dia pernah mengatakan ini pada libby : " it's true, ur very ugly than me, i'm cool, ur not.

i'm smart, ur idiot. "


dia juga pernah mengatakan ini pada Helena : " ur a good girl, never alone, i like u

because you want to help everyone. "

skandar fact - Lahir tgl 5 september 1991 di london - Aktor dari Inggris - suka sama kesebelasan Arsenal - punya ortu namanya randal keynes sama zelfa cecil hourani - punya kakak namanya soumaya keynes - masih keturunannya Charles Darwin - masih punya kaitan sama Anne Boleyn - SK juga pengen jadi dokter lho.... - Dia pernah ikut audisi untuk peran Simon di Nanny McPhee, tapi kalah dengan thomas sangster . -Selama di film The Lion, The Witch, and Te Wardrobe, SK harus makan 35 lembar Turkish Delight yang seukuran fist-nya - Pernah dikasih pink thong dari Anna Popplewell dan William Moseley sebagai kejutan b'candaan untuk ulang tahun yang ke 14 - Orang tuanya dulu ngelarang dia untuk audisi The Lion, The Witch, and The Wardrobe, tapi kakaknya meyakinkan dia buat ikut. - Film favorit-nya adalah "anything that has blood and guts. Saving Private Ryan was heaven. " - Pas di film The Lion, The Witch, and The Wrdrobe, ia harus dapet pakeyan baja/baju perang tetap mingguan karena dia tumbuh 6 1 / 2 inci. - Dia sekolah di sekolah yang sama kayak Daniel Radcliffe - Ayahnya seorang penulis. - SK juga bisa naik kuda lho.... terbukti di film narnia kan???^^ - suka maen terompet kecil (kelas 5) dan seruling (grade 3). - udah sabuk hijau di Tae Kwon Do - dilarang makan gula dari produk ditetapkan pada saat film The Lion, the Witch and The Wardrobe karena hyperactive tendencies. - tempat ideal SK untuk hidup itu "tempat yang keren seperti di beberapa tempat di Samudera Pasifik Selatan atau Perancis atau Spanyol. tempat yang panas dan dekat pantai. - Dia adalah Atheist . - Favorit TV Shows adalah Family Guy dan Scrubs, tv shows Grey's Anatomy,

Sex and the City dan Project Runway. - Favorit musik SK: "Queen, Outkast, Red Hot Chilli Peppers, dan soundtracks." - SK adalah cowok paling ganteng, manis, dan imut di film narnia - pemeran edmund pevensie di narnia - pernah maen film (sebelum narnia) ya itu film ferrari. - Mahir kriket. - Suka main video game. - dilatih main pedang sama pelatih Allan Poppleton yang kerja di narnia - Mengingat darah Lebanon ibunya, keluarganya berlibur di Beirut setiap musim panas, dan pada tahun saat ada kelas bahasa mingguan, dia mengaku pada majalah New York bahwa dia tidak bisa bicara bahasa Arab sama sekali. - Pada tanggal 31 Juli 2006, edisi pada majalah New York melaporkan bahwa Keynes dan keluarga sedang terbang ke Beirut setelah mendarat untuk liburan musim panas tahunan mereka ketika konflik Israel-Hisbullah 2006 dimulai. Keluarganya langsung pergi ketika teman kakek Skandar, yang mungkin militant Hisbullah, datang ke rumahnya dan menanyainya tentang tamu Inggris disana. - Sk ternyata atletik. Di Juni 2006, dia memenangkan lomba lari 1500-meter yang diselenggarakan oleh sekolahnya pada tahun ketiga hari olahraga. Dia menyelesaikan jalur panjang dengan waktu yang paling baik dari kategorinya : 5 menit 45 detik dan 32 milidetik. Informasi ini didapat dalam newsletter mingguan The Citizen - SK suka banget bungee jumping. Dia lompat di Nevis, yang mana puncak tertinggi ketiga di dunia, dan Sky Tower, yang mana gedung tertinggi di Hemisphere Selatan. Dan juga di Canyon Swing, yang mana swing terbesar di dunia. Dia akhirnya melakukannya di New Zaeland yang hampir berada di ketinggian 400 meter di langit dan lompat dari jet. Aktivitas mendebarkan itu membuat gila produser film Prince Caspian. -skandar jijik sama kecoa dan semut. -skandar pernah dibilang pemecah rekor pemakan lollipop sekitar 20 buah. -skandar suka celupkan kakinya ke air panas jika ada pelajaran yang susah. -jika di bilang tentang fans nya, skandar senyum2 sendiri. -pernah iseng lempar batu ke arah anjing liar dan dikejar. -Masih ingin balik ke umur 12 tahun. -berharap kalau dia selalu bersama orang tua dan kakak nya. -sedih karena tidak semua fans nya bisa ketemu dia. -suka menyapu halaman kalau lagi musim gugur. -"Handsome" kata2 yang sering diucapkan tetangga2 skandar kalau dia keluar dari rumahnya. -ketawa kalau dengar Skype darr Fans nya. -sedih banget liat film bioskop tentang kehidupan. -paling benci kalau orang menjerit liat film horor. -skandar suka manjat pohon yg agak tinggi. -skandar suka mengacak2 rambut lulu popplewell dan Soumaya Keynes

- Skandar tidak suka kalau ada orang yang mengelus-elus kucingnya - skandar phobia dengan laba-laba dan underware wanita - Skandar sering meninggalkan lap-topnya dalam keadaan hidup - Skandar sering menghabiskan waktu liburnya pada musim panas dengan berlibur kerumah kakeknya di Lebanon - Skandar tidak suka diganggu apabila sedang membaca - Skandar sering tertidur ketika sudah selesai membaca - Skandar tidak mempunyai account twitter, karena menurutnya Twitter itu seperti "Gay" - Skandar suka sekali menjahili temannya dengan memukul bokong temannya - Skandar tidak boleh terlalu banyak makan yang manis-manis - Skandar bertetangga dengan Anna Popplewell, Rowan Atkinson,dll - Skandar sering curhat masalah cinta dengan adik Anna Popplewell, yaitu Lulu Popplewell - Skandar mempunyai 7 mantan pacar - Skandar pernah menolong anak kecil yang sepedanya rusak ketika dijalan - Skandar pernah melompat dari gedung tertinggi di London - Skandar sangat Hobby bermain Video Games - Skandar mempunyai sahabat yang bernama Theo Sands - Skandar mempunyai masalah dengan tinggi badannya, oleh karena itu, da bermain Bungy Jumping - Terkadang Skandar tidur ditemani oleh Ibunya - Skandar tidak pernah menganggap dirinya sebagai Selebritis - Skandar memiliki satwa langka berupa kura-kura di Pulau Galapagos yang ia berinama, Sebastian Keynes.

Ucapan kebencian adalah tindakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, ataupun hinaan kepada individu atau kelompok yang lain dalam hal berbagai aspek seperti ras, warna kulit, etnis, gender, cacat[1], orientasi seksual[2] ,kewarganegaraan, agama, dan lain-lain.[3]
Teror atau Terorisme selalu identik dengan kekerasan. Terorisme adalah puncak aksi kekerasan, terrorism is the apex of violence. Bisa saja kekerasan terjadi tanpa teror, tetapi tidak ada teror tanpa kekerasan. Terorisme tidak sama dengan intimidasi atau sabotase. Sasaran intimidasi dan sabotase umumnya langsung, sedangkan terorisme tidak. Korban tindakan Terorisme seringkali adalah orang yang tidak bersalah.

1. 2. 3. 4. 5.

Pembunuhan Pemusnahan Perbudakan Pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa Perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenang-wenang yang melanggar ketentuan hukum internasional 6. Penyiksaan 7. Perkosaan, perbudakan seksual, pelacuran secara paksa, pemaksaan kehamilan, pemandulan atau sterilisasi secara paksa atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lain yang setara 8. Penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik, ras, kebangsaan, etnis, budaya, agama, jenis kelamin atau alasan lai yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum internasional 9. Penghilangan orang secara paksa atau 10. Kejahatan apartheid Sedangkan kejahatan genosida, yaitu : Setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama dengan cara: 1. Membunuh anggota kelompok 2. Mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggotaanggota kelompok 3. Menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya 4. Memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan untuk mencegah kelahiran di dalam kelompok 5. Memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain 6. 1. 7. Penyelidikan 8. Penyelidikan dilakukan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM). Hal ini bertujuan adanya objektifitas hasil penyelidikan, apabila dilakukan oleh lembaga independen. Dalam penyelidikan, penyelidik berwenang:

9. Melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap peristiwa yang timbul dalam masyarakat yang berdasarkan sifat atau lingkupnya patut diduga terdapat pelanggaran berat HAM 10. Menerima laporan atau pengaduan dari seseorang atau kelompok orang tentang terjadinya pelanggaran berat HAM serta mencari keterangan dan barang bukti 11. Memanggil pihak pengadu, korban atau pihak yang diadukan untuk diminta dan didengar keterangannya 12. Memanggil saksi untuk dimintai kesaksiannya 13. Meninjau dan mengumpulkan keterangan di tempat kejadian dan tempat lainnya jika dianggap perlu 14. Memanggil pihak terkait untuk melakukan keterangan secara tertulis atau menyerahkan dokumen yang diperlukan sesuai dengan aslinya 15. Atas perintah penyidik dapat melakukan tindakan berupa pemeriksaan surat, penggeledahan dan penyitaan, pemeriksaan setempat, mendatangkan ahli dalam hubungan dengan penyelidikan 16. 17. 2. Penyidikan 18. Penyidikan pelanggaran berat HAM dilakukan oleh Jaksa Agung. Dalam pelaksanaan tugasnya Jaksa Agung dapat mengangkat penyidik ad hoc yang terdiri atas unsur pemerintah dan masyarakat. Sebelum melaksanakan tugasnya, penyidik ad hoc mengucapkan sumpah atau janji menurut agamanya masing-masing. Syarat-syarat yang harus dipenuhi sebagai penyidik ad hoc, yaitu : 19. Warga Negara Indonesia 20. Berumur sekurang-kurangnya 40 tahun dan paling tinggi 65 tahun 21. Berpendidikan Sarjana Hukum atau sarjana lain yang mempunyai keahlian di bidang hukum 22. Sehat jasmani dan rohani 23. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan baik 24. Setia kepada Pancasila dan UUD 1945 25. Memiliki pengetahuan dan kepedulian di bidang hak asasi manusia 26. 27. Penyidikan diselesaikan paling lambat 90 hari terhitung sejak tanggal hasil penyelidikan diterima dan dinyatakan lengkap oleh penyidik. Penyidikan dapat diperpanjang 90 hari oleh Ketua Pengadilan HAM sesuai daerah hukumnya dan dapat diperpanjang lagi 60 hari. Jika dalam waktu tersebut, penyidikan tidak juga terselesaikan, maka dikeluarkan surat perintah penghentian penyidikan oleh Jaksa Agung. 28. 29. 3. Penuntutan 30. Penuntutan dilakukan oleh Jaksa Agung. Jaksa Agung dapat mengangkat penuntut umum ad hoc yang terdiri dari unsur pemerintah dan masyarakat. Syarat untuk diangkat menjadi penuntut umum sama halnya dengan syarat diangkat menjadi penyidik ad hoc. Penuntutan dilakukan paling lama 70 hari sejak tanggal hasil penyidikan diterima. 31.

32. 4. Pemeriksaan di Pengadilan 33. Pemeriksaan perkara pelanggaran berat HAM dilakukan oleh majelis hakim Pengadilan HAM berjumlah 5 orang, terdiri atas 2 orang hakim pada Pengadilan HAM dan 3 orang hakim ad hoc. 34. Syarat-syarat menjadi Hakim Ad Hoc : 35. Warga Negara Indonesia 36. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 37. Berumur sekurang-kurangnya 45 tahun dan paling tinggi 65 tahun 38. Berpendidikan sarjana hukum atau sarjana lain yang mempunyai keahlian di bidang hukum 39. Sehat jasmani dan rohani 40. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan baik 41. Setia kepada Pancasila dan UUD 1945 42. Memiliki pengetahuan dan kepedulian di bidang Hak asasi manusia 43. 44. Perkara paling lama 180 hari diperiksa dan diputus sejak perkara dilimpahkan ke Pengadilan HAM. Banding pada Pengadilan Tinggi dilakukan paling lama 90 hari terhitung sejak perkara dilimpahkan ke Pengadilan Tinggi. Kasasi paling lama 90 hari sejak perkara dilimpahkan ke Mahkamah Agung.