You are on page 1of 7

OLEH : FAHIMA TSAQOFATUL I.

2309 030 081

RADIO

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk

pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

KERUSAKAN PADA RADIO


Berikut ini adalah beberapa tingkat kerusakan yang sering terjadi pada radio : Radio mati total Suara tape tidak bisa keras untuk tipe radio tape

Teknik perbaikan yang dilakukan untuk masalah kerusakan radio


Terhadap radio yang mati total Memeriksa kabel input AC yang bertegangan 220 volt kemungkinan putus. Memeriksa arus tegangan pada power supply. Jika tegangan tidak keluar, maka terlebih dahulu memeriksa travo yang kemungkinan sudah konslet. Apabila terjadi konslet harus mengganti diodanya yang bocor. Jika radio masih mati, maka memeriksa apakah tegangan keluaran dari power supply ada, jika tidak ada, maka memeriksa solder-nya. Apabila masih tidak bisa, maka harus melakukan solder pada seluruh bagian power supply.

Terhadap suara tape yang tidak bisa keras Jika suara tape tidak bisa keras biasanya pada head kotor. Memeriksa head yang berada dalam mekanik tape radio. Lalu membersihkan head-nya dengan kain kering.

TIPS PERAWATAN RADIO


Mengontrol panas dan lingkungan sekitar.
Rutin dinyalakan secara teratur cukup 2 3 jam/hari. Jangan memperlakukan radio dengan kasar seperti

perangkat modern yang bisa kita nyala matikan tanpa merusaknya. Menghindari bahaya listrik dengan cara mengetahui bagian mana yang harus di sebelah atas dan bawah dari jack radio saat dicolokkan ke tembok.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH