You are on page 1of 10

Praktikum Hematologi Pemeriksaan Hematokrit (PCV)

Disusun Oleh : Ganjar Noviar,S.ST

Hematokrit
Hematokrit => volume eritrosit yang pisahkan dari plasma dengan cara memutarnya di dalam tabung khusus yang nilainya dinyatakan dalam %. Pemeriksaan ini merupakan salah satu metode yang paling akurat, sederhana dan murah untuk mendeteksi dan mengukur derajat anemia. Ada 2 metode pemeriksaan hematokrit yang lazim dipakai saat ini, yaitu : 1. Cara makro (Wintrobe) 2. Cara mikro (Mikrohematokrit)

Pemeriksaan Hematokrit
1. -

Pemeriksaan hematokrit cara makro (Wintrobe) Dilakukan dengan menggunkan tabung Wintrobe yang diputar menggunakan sentrifus dengan kecepatan 3000 rpm selam 30 menit. Nilai Normal : - Laki-laki : 40 - 48%

- Perempuan : 37 - 43%

Pemeriksaan Hematokrit (2)


2. Pemeriksaan hematokrit dengan metoda mikrohematokrit. - Prinsip : Eritrosit di dalam darah dipisahkan dengan cara memutarnya supaya eritrosit mengendap.

- Nilai Normal : - Laki-laki - Perempuan

: 40 54% : 37-47%

- Prosedur : 1. Bersihkan jari pasien dengan alkohol 70%, biarkan kering. 2. Tusuk dengan lanset darah.
3.

4. 5.

Isap darah yang keluar dengan tabung mikrohematokrit. Tutup ujung tabung dengan creatoceal. Putar dengan sentrifuge 10.000 12.000 rpm. Selama 5 menit Hitung dengan menggunakan calculator Jika dilakukan duplo hasil 1 dan 2 perbedaannya tidak boleh lebih dari 2, Jika lebih dari 2 maka harus diulang.

6. 7.

Tabung mikrohematokrit heparin

Sentrifuse mikrohematokrit merk HERMLE

Creatoseal

Kalkulator hematokrit

Sekian dan Terima Kasih